PEDOMAN UMUM PELAKSANAAN PERTANDINGAN AAJI SPORTAINMENT 2020

PESERTA

Peserta yang mengikuti AAJI SPORTAINMENT 2020 terdiri dari Pemain dan Manajer/Official Tim, sebagai berikut:

  1. Pemain adalah para peserta yang akan mengikuti pertandingan olah raga AAJI SPORTAINMENT 2020. Syarat sebagai Pemain, sebagai berikut:
    1. Peserta wajib merupakan Karyawan Tetap/Karyawan Kontrak Langsung perusahaan Asuransi Jiwa (Bukan Karyawan Outsourcing) yang masih aktif  bekerja dan dibuktikan dengan surat keterangan dari HRD Perusahaan.
    2. Peraturan Peserta Lomba sebagai berikut:
      • Terbuka untuk segala kalangan dan usia (dalam batas kepegawaian perusahaan, Karyawan tersebut bukan tenaga pemasar atau mitra pemasar (sales forces).
      • Pemain Profesional DILARANG ikut bertanding. Yang dimaksud pemain profesional adalah: Pekerja yang masih aktif dalam kurun waktu 1 (satu) tahun terakhir sebagai peserta liga olah raga dengan skala nasional maupun internasional.
    3. Masing – masing anggota team, wajib menyertakan data peserta.
      Berkas/dokumen peserta berupa:

      • Surat Keterangan Karyawan Tetap/Karyawan Kontrak Langsung yang ditandatangani oleh HRD.
      • Scan ID Card Karyawan
      • BPJS Ketenagakerjaan Karyawan

      Status   seluruh   berkas/dokumen   harus   masih   berlaku   sah   selama diadakannya AAJI SPORTAINMENT 2020

  • Manajer/Official Tim adalah pimpinan Tim secara keseluruhan dalam setiap hal yang berkaitan dengan pertandingan olahraga AAJI SPORTAINMENT 2020. Syarat sebagai Manajer Tim, sebagai berikut:
    1. Merupakan Karyawan Tetap/Karyawan Kontrak Langsung perusahaan Asuransi Jiwa (Bukan Karyawan Outsourcing) yang masih aktif bekerja dan dibuktikan dengan surat keterangan dari HRD Perusahaan.
    2. Peraturan Peserta Lomba sebagai berikut:
      Terbuka untuk segala kalangan dan usia (dalam batas kepegawaian perusahaan). Karyawan tersebut bukan tenaga pemasar atau mitra pemasar (sales forces).
    3. Masing-masing anggota team, wajib menyertakan data peserta,
      Berkas/dokumen peserta berupa:

      • Surat Keterangan Karyawan Tetap / Karyawan Kontrak Langsung yang ditandatangani oleh HRD
      • Scan ID Card Karyawan
      • BPJS Ketenagakerjaan Karyawan

      Status  seluruh  berkas/dokumen  harus  masih  berlaku  sah  selama   diadakannya AAJI SPORTAINMENT 2020.

PENYELENGGARA

Tim penyelenggara AAJI SPORTAINMENT 2020 terdiri dari:

  1. Panitia Umum adalah jajaran Panitia AAJI SPORTAINMENT 2020 sebagai penanggung jawab resmi kegiatan AAJI SPORTAINMENT 2020.Tanggung jawab Panitia Umum adalah untuk memastikan panitia pelaksana melakukan tugasnya sebagai pelaksana sesuai dengan program yang telah direncanakan.
  2. Panitia Pelaksana adalah EO yang telah ditunjuk sebagai pelaksana kegiatan AAJI SPORTAINMENT  2020  mulai  dari  persiapan,  pelaksanaan  serta  pelaporan kegiatan AAJI SPORTAINMENT 2020.Tugas dan tanggung jawab Panitia Pelaksana adalah sebagai berikut:
    • Membuat susunan panitia koordinator / penanggung jawab pelaksanaan AAJI SPORTAINMENT 2020.
    • Membuat  susunan  seluruh  rangkaian  acara/kegiatan  AAJI  SPORTAINMENT 2020.
    • Menyediakan tempat, perlengkapan dan kebutuhan pelaksanaan kegiatan AAJI SPORTAINMENT 2020.
    • Bertanggung jawab atas pelaksanaan seluruh kegiatan AAJI SPORTAINMENT 2020.
CABANG OLAHRAGA DAN SENI YANG DIPERTANDINGKAN

Jumlah  Cabang  yang  dipertandingkan  dalam  AAJI  SPORTAINMENT  2020 sebanyak 10 (sepuluh) Cabang,
yaitu :

  1. Futsal (Putra)
  2. Badminton (Single Putra, Ganda Campuran, & Ganda Putra)
  3. Table Tennis (Single Putra, Ganda Campuran, & Ganda Putra)
  4. Basket Ball (Putra)
  5. Basket Ball 3 On 3 (Putri).
  6. Volly Ball (Campuran Putra-Putri)
  7. Dance
  8. Grup Band
  9. Solo Singer
  10. Stand Up Comedy
KETENTUAN JUARA UMUM

Juara Umum akan ditentukan berdasarkan perolehan Medali Emas Terbanyak (dari Kategori Olahraga & Kesenian). Apabila terdapat kesamaan perolehan Jumlah Medali Emas, maka dilihat perolehan Medali Perak & Perunggu yang diperoleh. Apabila masih terdapat kesamaan juga, maka perolehan Juara dengan Kategori grup lebih besar nilainya daripada Kategori perorangan (solo singer & stand-up comedy).

Juara Umum: Piala Bergilir + Uang Pembinaan

PERATURAN UMUM DAN KEABSAHAN PEMAIN
  1. Peserta adalah Karyawan Tetap / Karyawan Kontrak Langsung perusahaan Asuransi Jiwa (Bukan Karyawan Outsourcing) yang masih aktif bekerja dan dibuktikan dengan surat keterangan dari HRD Perusahaan.
  2. Pendaftaran AAJI  SPORTAINMENT  2020  akan  dilakukan  menggunakan  sistem registrasi online melalui situs : www.aajisportainment.com
  3. Dalam proses pendaftaran, Peserta wajib mengisi formulir (data) Pemain serta melampirkan (upload) dokumen sebagai berikut:
    • Data peserta
    • Berkas/dokumen peserta berupa:
      • Scan ID Card Karyawan
      • Surat Keterangan Karyawan Tetap / Karyawan Kontrak Langsung yang ditandatangani oleh HRD
  4. Biaya pendaftaran :
    • Rp. 2.500.000,- (Dua Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) /Kategori.
    • Fun – Run biaya sebesar Rp. 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah) per-peserta
    • Treasure Hunt (terdiri dari ayah, ibu dan 2 anak 5-10 tahun) biaya sebesar Rp. 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah) per-keluarga.
  5. Tim Peserta  yang  belum  melengkapi  syarat  dan  persyaratan  (seluruh kelengkapan pendaftaran) hingga batas waktu akhir pendaftaran akan dinyatakan gugur.
  6. Tim Peserta yang telah melakukan pendaftaran Online dan telah melengkapi persyaratan (lampiran dan pembayaran) akan diundang untuk menghadiri technical meeting pada waktu yang telah ditentukan oleh Panitia Pelaksana AAJI SPORTAINMENT 2020.
  7. Seluruh data peserta yang telah diserahkan pada panitia, dapat dirubah pada saat pelaksanaan Technical Meeting, namun setelah itu tidak dapat diubah dengan alasan apapun.
  8. Setiap peserta  diperbolehkan  mengikuti  lebih dari 1  (satu)   kategori pertandingan, baik Olahraga maupun Seni (seluruh resiko akan menjadi tanggung jawab peserta dan perusahaan masing-masing).
  9. Tim hanya dapat memainkan pemainnya, yang telah terdaftar dalam list panitia pelaksana.
  10. Setiap tim peserta yang telah resmi keikutsertaannya dalam AAJI SPORTAINMENT 2020 akan diberikan kartu ID Peserta oleh Panitia sesuai kategori pertandingan yang diikuti.
  11. ID Peserta wajib diperlihatkan oleh Tim Peserta pada saat pertandingan. Pemain yang tidak memperlihatkan  ID  Peserta  tidak  diperbolehkan  untuk mengikuti pertandingan.
  12. Seluruh informasi pendaftaran pemain menjadi tanggung jawab tim. Jika terjadi pemalsuan data, maka resiko diskualifikasi berlaku untuk 1  (satu) tim
KELENGKAPAN ADMINISTRASI PERTANDINGAN
  1. Tim wajib menyerahkan data pemain yang telah disahkan dan dapat dipertanggungjawabkan oleh Manajer/Official Tim kepada Panitia Pelaksana, saat proses dan registrasi pertandingan.
  2. Tim akan menerima lembar susunan pemain saat registrasi pertandingan.
  3. Seluruh kelengkapan administrasi tim akan dicatat dalam jurnal pertandingan, ditandatangani oleh kapten kedua tim, wasit dan pengawas pertandingan.
PROTES RESMI
  1. Protes resmi adalah protes yang diajukan oleh Manajer/Official tim melalui formulir protes apabila Manager/Official tim menemukan keganjalan dalam pertandingan yang dilakukan.
  2. Untuk melakukan protes tersebut, Manajer/Official tim diwajibkan untuk mengisi formulir protes dan dilengkapi dengan bukti–bukti otentik yang dapat dipertanggungjawabkan kepada kesekretariatan panitia dimeja yang telah disediakan.
  3. Setiap protes harus diajukan kepanitia dengan disertai pembayaran sebesar Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah). Apabila protes yang diajukan terbukti benar maka biaya administrasi sebesar Rp.500.000 akan dikembalikan kepada peserta perusahaan, dan apabila protes yang diajukan terbukti salah/tidak benar maka biaya administrasi sebesar Rp.500.000 tidak akan dikembalikan oleh panitia.
  4. Formulir protes harus diajukan paling lambat 30 (tiga puluh) menit setelah pertandingan selesai.
  5. Protes yang tidak memenuhi syarat tersebut dinyatakan batal, dan panitia tidak punya kewajiban untuk mengeluarkan keputusan apapun.
  6. Protes tidak akan membatalkan hasil pertandingan sebelumnya, apabila ada tim yang terbukti melakukan kecurangan, tim tersebut akan didiskualifikasi dipertandingan selanjutnya.
  7. Apabila protes dilakukan saat bertanding, dan terbukti tim lawannya melakukan kecurangan dan dapat dibuktikan dengan bukti otentik, maka tim lawan yang melakukan kecurangan akan didiskualifikasi dan tim yang memprotes akan maju kebabak selanjutnya, tetapi tidak menggugurkan hasil pertandingan sebelumnya.
  8. Apabila protes dilakukan sesudah pertandingan, dan terbukti tim lawannya melakukan kecurangan dan dapat dibuktikan dengan bukti otentik, dan tim tersebut belum bermain dipertandingan selanjutnya, maka tim lawan tersebut akan didiskualifikasi.
  9. Apabila tim juara terbukti melakukan kecurangan, maka gelar juara tersebut akan dicabut dan peringkat juaranya akan diberikan kepada peringkat juara yang dibawahnya.
PANDUAN TATA TERTIB (TEKNIS PERTANDINGAN)

Panduan Tata Tertib AAJI SPORTAINMENT 2020 bidang Olahraga ini mengacu pada Peraturan Dasar Cabang Olahraga Internasional dan Peraturan Umum Cabang Olahraga Nasional masing–masing cabang olahraga, serta disesuaikan oleh panitia AAJI SPORTAINMENT 2020.

TAHAPAN PENDAFTARAN AAJI SPORTAINMENT 2020

WAKTU PENDAFTARAN

Registrasi dan penyelesaian pendaftaran akan dimulai dari tanggal 10 Desember 2019  s/d 24 Januari 2020.

KE SEKRETARIAT AAJI SPORTAINMENT 2020

AAJI   
Fun Run  : +62 0822 1810 4278 (Martua) / +62 812-8776-7632 (Galih)
Cabor & Seni : +62 0822 1810 4278 (Lya)

RJI EO
+62 0812 1990 4066 (Arya)

Email                   aajisportainment2020@gmail.com

TECHNICAL MEETING

Pertemuan Teknis (Technical Meeting) adalah pertemuan yang akan menetapkan aturan   kompetisi Cabang Olahraga dan Seni AAJI SPORTAINMENT 2020 yang akan dilaksanakan sebelum kegiatan kompetisi, bagi PIC tim peserta yang tidak menghadiri pertemuan teknis ini akan dianggap telah menyetujui perihal hasil dari pertemuan teknis ini.

Tanggal           :

  • 17 & 19 Februari 2020 (Cabor)
  • 20 Februari 2020 (Seni)

Waktu                      :  10.00 – 17.00 WIB

Tempat                :

Kantor AAJI
Jl. Talang Betutu No. 17
Jakarta 10230 – Indonesia

PERANGKAT PERTANDINGAN

  • PENGAWAS PERTANDINGAN
    1. Pengawas Pertandingan ditentukan oleh Panitia
    2. Pengawas Pertandingan harus hadir 60 (enam puluh) menit sebelum pertandingan dimulai.
    3. Tugas Pengawas Pertandingan :
      1. Bertanggung jawab menjalankan pertandingan secara baik.
      2. Memeriksa lapangan    dan    perlengkapan    pertandingan    sebelum pertandingan dimulai.
      3. Menerima registrasi pertandingan/ulang, memeriksa kelengkapan administrasi pertandingan dan  memeriksa  susunan  pemain berdasarkan data tim.
      4. Memeriksa pemain, perlengkapan pemain, dan memastikan pemain telah melepas aksesoris yang dapat membahayakan dalam pertandingan.
      5. Memberikan masukan kepada wasit untuk pengambilan keputusan yang dinilai penting, setelah konsultasi dengan Panitia.
      6. Menerima dan  meneruskan  protes  resmi  dari  tim  kepada  Panitia  dan menyertakan laporan wasit.
      7. Mencatat serta   menyusun   laporan   pertandingan   untuk   disampaikan kepada Panitia.
  • WASIT
    1. Wasit merupakan pengendali tertinggi dalam pertandingan. Dan keputusan wasit bersifat mutlak serta wajib ditaati oleh tim.
    2. Wasit berhak meminta masukan dari perangkat pertandingan lainnya sebelum memberi keputusan akhir berkaitan dengan pertandingan.
    3. Jika pertandingan terjadi kejadian khusus, maka wasit wajib membuat laporan khusus kepada pengawas pertandingan.
PELANGGARAN DAN HUKUM

JENIS PELANGGARAN

Jenis pelanggaran yang dimaksud adalah:

  1. Memainkan pemain tidak sah.
  2. Tidak hadir dalam pertandingan.
  3. Mengundurkan diri.
  4. Melakukan pemogokan.
  5. Melakukan penghinaan.
  6. Melakukan penganiayaan.
  7. Menggunakan doping atau obat terlarang.
  8. Mengganggu Ketertiban.

PENGHINAAN

  1. Pemain yang menghina dan dikeluarkan dari pertandingan oleh wasit, dilarang bermain untuk tiga kali pertandingan berikutnya.
  2. Official yang menghina dan dikeluarkan dari pertandingan oleh wasit, dilarang mendampingi tim untuk tiga kali pertandingan berikutnya.
  3. Tim yang menghina, akan didiskualifikasi dari AAJI SPORTAINMENT 2020.

KEKERASAN

    1. Pemain yang melakukan kekerasan dan dikeluarkan dari pertandingan oleh wasit, akan didiskualifikasi dari AAJI SPORTAINMENT 2020.
    2. Official yang  melakukan  kekerasan  dan  dikeluarkan  dari  pertandingan  oleh
      • Wasit, akan didiskualifikasi dari AAJI SPORTAINMENT 2020.
      • Tim yang melakukan kekerasan, akan didiskualifikasi dari AAJI SPORTAINMENT 2020.

DOPING & OBAT TERLARANG

  1. AAJI SPORTAINMENT 2020 melarang keras panitia, perangkat pertandingan ofisial, serta pemain mengunakan doping dan atau obat terlarang.
  2. Apabila terbukti  menggunakan  doping  dan  atau  obat  terlarang,  maka  akan dikeluarkan   dari   keterlibatan   AAJI SPORTAINMENT   2020,   serta   akan diserahkan kepada pihak berwenang.

KETERTIBAN

  1. Pemain yang mengganggu ketertiban akan didiskualifikasi dari AAJI SPORTAINMENT 2020.
  2. Official yang mengganggu ketertiban akan didiskualifikasi dari AAJISPORTAINMENT 2020.
  3. Suporter yang mengganggu ketertiban akan dikeluarkan dari venue.
  4. Panitia dan Perangkat yang mengganggu ketertiban akan dikeluarkan dari AAJI SPORTAINMENT 2020.
  5. Terhadap siapapun yang menyebabkan gangguan ketertiban dapat dikenakan hukuman dari pihak berwenang.
PENUTUPAN

FORCE MAJEUR

  1. Jadwal Pertandingan AAJI SPORTAINMENT 2020 ditetapkan dan diatur oleh Panitia.
  2. Panitia dapat membatalkan, menunda, atau mengubah jadwal pertandingan jika keadaan bersifat force majeur dan atau situasi lain diluar kuasa Panitia.
  3. Atas segala kejadian luar biasa tersebut, Panitia berhak mengambil keputusanyang bersifat mutlak demi kebaikan bersama dan bersifat mengikat serta merupakan bagian tidak terpisahkan dari regulasi.

LAIN – LAIN

  1. Seluruh peraturan permainan dan atau regulasi lain yang mengatur pelaksanaan pertandingan masing-masing cabang olahraga, merupakan bagian tak terpisahkan dari Seluruh peraturan permainan dan atau regulasi lain yang   mengatur pelaksanaan pertandingan masing-masing cabang olahraga,  merupakan bagian tak terpisahkan dari Regulasi Umum AAJI SPORTAINMENT 2020.
  2. Hal yang belum diatur dalam regulasi ini akan ditetapkan dan disesuaikan oleh Panitia. Apabila terdapat kekeliruan dalam regulasi ini akan diadakan perubahan sebagaimana mestinya.
  3. Panitia menyiapkan perangkat medis (Ambulance dan tenaga medis) tapi hanya sebagai pertolongan pertama saja, setelah itu pemain yang cedera akan diserahkan kepada Manager Tim atau Official untuk penanganan selanjutnya.